Kanit Provost Polsek Grujugan Polres Bondowoso Awasi pelayanan Pembuatan SKCK Guna Cegah Pungli

grujugan   13 February 2018 (04:49)   Regional

img

Kanit Provost Polsek Grujugan Polres Bondowoso AIPTU SUPRAPTO melaksanakan pengawasan terhadap petugas pelayanan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (disingkat SKCK), sebelumnya dikenal sebagai Surat Keterangan Kelakuan Baik (disingkat SKKB) adalah surat keterangan yang diterbitkan oleh Polri yang berisikan catatan kejahatan seseorang. Dahulu, sewaktu bernama SKKB, surat ini hanya dapat diberikan yang tidak/belum pernah tercatat melakukan tindakan kejahatan hingga tanggal dikeluarkannya SKKB tersebut. Selasa ( 13 – 02 – 2018 ).

Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK adalah surat keterangan resmi yang diterbitkan oleh POLRI melalui fungsi Intelkam kepada seseorang pemohon/warga masyarakat untuk memenuhi permohonan dari yang bersangkutan atau suatu keperluan karena adanya ketentuan yang mempersyaratkan, berdasarkan hasil penelitian biodata dan catatan Kepolisian yang ada tentang orang tersebut. (Vide Peraturan Kapolri Nomor 18 Tahun 2014), SKCK memiliki masa berlaku sampai dengan 6 (enam) bulan sejak tanggal diterbitkan. Jika telah melewati masa berlaku dan bila dirasa perlu, SKCK dapat diperpanjang oleh yang bersangkutan.

Dalam kegiatan tersebut sudah menjadi tugas rutin yang dilakukan oleh Kanit Provost sebagai upaya untuk meningkatkan pengawasan serta pelayanan prima Polsek Grujugan kepada masyarakat. Sesuai dengan PP No. 60 tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yaitu untuk biaya pembuatan SKCK sebesar Rp. 30.000,- ( tiga puluh ribu rupiah ), Pada kesempatan tersebut AIPTU SUPRAPTO, mengingatkan kepada petugas pelayanan SKCK agar dalam melaksanakan penarikan biaya pembuatan SKCK harus sesuai peraturan yang berlaku. “Ungkap kanit Provost Polsek Grujugan Aiptu Suprapto. 


 

Search

Profil

Polling

   Sangat Bermanfaat
   Cukup bermanfaat
   Biasa saja


Media Sosial

Pengunjung

Hari ini    :    265
Total Kunjungan    :    1jt